SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH BAHASA INGGRIS 1
KODE / SKS : KD-041103 / 1
Minggu
|
Pokok Bahasan dan TIU
|
Sub Pokok Bahasandan Sasaran Belajar |
Cara Pengajaran
|
Media
|
Tugas
|
Ref
|
1
|
UNIT 1
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary baru dan mengulang
kembali structure
|
1.1 Reading Comprehension: The
History Of Engines
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul “The History Of Engines”.
1.2 Vocabulary:
a.
Kosakata yang berhubungan
dengan The History Of Engines
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "The History of
engines".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
1.3 Structure:
Active and Passive Forms (Past Tense)
F
Mahasiswa dapat mengubah kalimat aktif menjdai kalimat pasif, atau sebaliknya
dengan memahami simple Past Tense.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan
semua pertanyaan-pertanyaan pada unit 1
|
Ref
1
Unit
1
Hal
1 - 9
|
2
|
UNIT 2
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary baru dan mempelajari
pronoun
|
Reading Comprehension: Forces And Coures
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul “Forces And Coures”.
Vocabulary:
a. Kosakata yang terdapat dalam
bacaan The Forces
And Coures.
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan dalam bacaan Forces And Coures dan
Kosa kata yang diberikan.
Mahasiswa dapat menentukan Noun, Adjective dan Verb dari
kata-kata yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
2.3
Structure: Pronoun
F
Mahasiswa memahami fungsi pronoun sebagi subject, object dan
possesive pronoun serta possesive adjective.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan
semua pertanyaan-pertanyaan pada unit 2
|
Ref
1
Unit
2
Hal
11 - 18
|
3
|
UNIT 3
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary baru dan structure
mengenai infinitive.
|
3.1 Reading Comprehension: Masonry
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul “Masonry”.
3.2 Vocabulary:
a. Kosakata yang berhubungan
dengan Masonry
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "Masonry".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
3.3
Structure:
a.
Verb + infinitive
b.
Verb + (pro)noun + infinitive
F
Mahasiswa dapat memahami infinitive dan membuat kalimat dengan
menggunakan structure infinitive seperti diatas..
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 3
|
Ref
1
Unit
3
Hal
19 - 25
|
4
|
UNIT 4
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, dan dapat
membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
4.1 Reading Comprehension:
Direct Current And Alternating Current
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul “Direct Current And Alternating Current”.
4.2 Vocabulary:
Kosakata yang berhubungan dengan bacaan "Direct Current And
Alternating Current".
Jenis-jenis kata.
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan " Direct Current And
Alternating Current ".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
4.3 Structure: Possesive forms.
F
Mahasiswa dapat memahami bentuk dari possesive forms dan dapat
membuat kalimat Possesive forms.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 4
|
Ref
1
Unit
4
Hal
27-31
|
5
|
UNIT 1
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
Writing
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
4.3 Reading Comprehension:
" Sound"
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada bacaan yang berjudul "
Sound".
4.4 Vocabulary:
a.
Kosakata yang berhubungan dengan bacaan " Sound"
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan " Sound".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
4.3 Structure: Pronoun " it "
F
Mahasiswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan pronoun
"it".
4.4 Writing
Mahasiswa dapat menuliskan atau membuat suatu dialog dari suatu
gambar atau ilustrasi yang diberikan.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 5
|
Ref
1
Unit
5
Hal
33-39
|
6
|
UNIT 6
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
6.1 Reading Comprehension:
"The Wankel Engine".
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul "The Wankel Engine".
6.2 Vocabulary:
a. Kosakata yang berhubungan dengan
"The Wankel Engine".
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "The Wankel
Engine".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
6.3 Structure: Clauses
F
Mahasiswa dapat memahami clauses,
pembagian dari clauses dan membuat
kalimat menggunakan clauses.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 6
|
Ref
1
Unit
6
Hal
41-47
|
7
|
Review
Unit 1 - Unit 6
|
Unit
1 - Unit 6
|
|
|
|
|
8
|
UNIT 7
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
Reading Comprehension: "Ohm's Law"
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul "Ohm's Law".
Vocabulary:
a.
Kosakata yang berhubungan dengan
"Ohm's Law"
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "Ohm's Law".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
7.3
Structure: Relative Clauses
F
Mahasiswa memahami struktur dari relative Clauses dan dapat membuat
kalimat dengan menggunakan relative Clauses.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 7
|
Ref
1
Unit
7
Hal
49-54
|
9
|
UNIT 8
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
8.1 Reading Comprehension:
" Gravity "
F
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
sehubungan dengan bacaan yang berjudul " Gravity ".
8.2 Vocabulary:
a. Kosakata yang
berhubungan dengan " Gravity "
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan " Gravity ".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
8.3 Structure: Passive Voice
F
Mahasiswa dapat mengubah
kalimat aktif menjadi kalimat pasif.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 8
|
Ref
1
Unit
8
Hal
55-61
|
10
|
UNIT 9
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
Writing
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
9.1 Reading Comprehension:
"Corrosion"
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul "Corrosion".
9.2 Vocabulary:
a.
Kosakata yang berhubungan
dengan bacaan "Corrosion"
b.
Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "Corrosion".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
9.3 Structure: Simple Present .
F
Mahasiswa memahami fungsi dari simple Present dan dapat menerapkannya
dalam suatu kalimat..
9.4 Writing : Describing
Person
F
Mahasiswa dapat menggambarkan seseorang dengan vocabulary yang
berikan dalam bentuk paragraf.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 9
|
Ref
1
Unit
9
Hal
63-69
|
11
|
UNIT 10
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
Writing
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta
dapat membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
10.1 Reading Comprehension:
"Architecture As human Environment"
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul "Architecture As human Environment".
10.2 Vocabulary:
a. Kosakata yang berhubungan dengan
bacaan "Architecture As human
Environment"
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan kata -kata yang diberikan yang
berhubungan dengan "Architecture As human Environment".
Mahasiswa dapat menentukan Noun, Adjective dan Verb dari
kata-kata yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
10.3 Structure: Phrase
F
Mahasiswa memahami fungsi phrase dan dapat membuatnya dalam satu
kalimat atau paragraf.
10.4
Writing
F
Mahasiswa dapat membuat satu paragraf atau lebih, membedakan antara 2
hal atau menceritakan kembali suatu bacaan dengan kata-kata dan kalimat sendiri.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 10
|
Ref
1
Unit
10
Hal
71-77
|
12
|
UNIT 11
Reading
Comprehension
Vocabulary
Structure
TIU
:
Agar
mahasiswa memahami reading comprehension, vocabulary dan structure, serta dapat
membuat kalimat dengan menggunakan vocabulary dan structure yang telah
dipelajari.
|
10.3Reading Comprehension: "Lubrication"
F
Mahasiswa dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan bacaan yang
berjudul "Lubrication".
10.4Vocabulary:
a. Kosakata yang berhubungan dengan bacaan
"Lubrication"
b. Jenis-jenis kata
Mahasiswa dapat mengartikan
kata -kata yang diberikan yang berhubungan dengan "Lubrication".
Mahasiswa dapat menentukan
Noun, Adjective dan Verb dari kata-kata
yang diberikan.
Mahasiswa dapat melengkapi
kalimat yang diberikan dengan kata-kata yang tepat.
1.3 Structure: Adjective dan Adverb.
F
Mahasiswa mengetahui dan memahami kata-kata yang termasuk dalam
adjective dan adverb dan dapat menerapkannya dalam suatu kalimat.
|
Kuliah
mimbar
|
Papan
tulis, OHP
|
Mengerjakan semua
pertanyaan-pertanyaan pada unit 11
|
Ref
1
Unit
11
Hal
79-84
|
13 & 14
|
Review
Unit 1 - Unit 11
|
Unit
1 - Unit 11
|
|
|
|
|
Referensi
:
[1] Djoko
Santosa, English for Engineering, Language Center - UMM Press, 1997.
good
BalasHapus